macam - macam jaringan komputer

Jumat, 08 Maret 2013

macam - macam jaringan komputer

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalammualaikum wr. wb.Salam sejahtera bagi kita semua. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Sobat blogger yang setia mengunjungi blog saya yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sedikit ilmu pengetahuan tentang istilah-istilah dalam dunia komputer dan internet.
 jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang di hubung - hubungkan dengan menggunakan protokol transmission control protocol/internet (TCP/IP). berdasarkan kriterianya, jaringan komputer di bagi menjadi empat klompok, yaitu jaringan komputer lokal, jaringan koputer metropolitan, jaringan komputer skala luas, dan inter jaringan. berokut ini adalah penjelasan tengtang kelompok jaringan tersebut.


1. Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network atau LAN)
 Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. jarak yang dapat di jangkau oleh LAN kurang lebih 10 km. LAN sering di gunakan untuk menghubungkan komputer - komputer pribadi dan workstation dalam kantor, sekolah, atau pabrik - pabrik untuk memakai resources secara bersama misalnya: printer atau scanner, dan saling bertukar informasi. LAN dapat di bedakan dari jenis lainnya berdasarkan tiga karakteristik yaitu ukuran, teknologo transmisi, dan topologinya.
Keuntungan dari jaringan LAN adalah sebagai berikut:
  1. pertukaran file dapat di lakukan dengan mudah (file sharing).
  2. pemakaian printer dapat di lakukan oleh semua client (printer sharing).
  3. file - dapat di simpan pada server sehinggan data dapt di akses oleh semua client menurut otoritasi sekuritas dari semua karyaawan yang dapat di buat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamana perusahaan dapat terjamin.
  4. file data yang keluar atau masuk dari dan ke server dapat di kontrol.
  5. proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
  6. resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
  7. komunikasi antar karyawan dapat di lakukan dengan menggunakan e-mail dan chat.
2. Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network atau MAN)
 Metropolitan Area Network (MAN) merupkan jaringan dengan area lebih luas dari LAN yang di hubungakan bersama - sama dalam bata - batas tertentu, misalnya dalam suatu kawasan metropolitan atau satu kota. jarak maksimum yang dapat di jangkau oleh MAN adalah 80 km. MAN dapat mencakup kantor - kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buahkabel dan tidak mempunyai element switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa uotput kabel.
 Keuntungan jaringan MAN adalah:
  1. Dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
  2. Jangkauan lebih luas dari LAN.
  3. Lebih irit kabel jaringan, karena tidak terlalu membutuhkan banyak kabel jaringan.
3. Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network atau WAN)
  Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area yang sangat luas, misalnya: antar pulau, negara, benua, bahkan ke luar anngkasa. contoh WAN yang sangat terkenal adala Internet. tetapi WAN dapat juga menjadi network pribadi. sebagai contoh: suatu prusahaan yang memiliki kantor - kantor tersebut melalui hubungan telepon, satelit, dan teknologi - teknologi lainnya. Biasanya, WAN terdirin dari banyak LAN yang di Interkoneksikan.

Keuntungan jaringan WAN adalah sebagai berikut:
  1. server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
  2. komunikasi antar kantor dapat menggunakan e-mail dan chat.
  3. documen atau file yang biasanya di kirim melalui faksimile ataupun peket pos, dapat di kirim melalui e-mail dan transfer file dengan biaya yang cukup murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
  4. pooling dan updating data antar kantor dapat di lakukan setiap hari pada waktu yang di tentukan.
4. Interjaringan ( Interconnection Network atau Internet)
Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung pada umumnya, untuk membangun sebuah jaringan Internet membutuhkan peralatan jaringan, seperti; Router (pengatur lalu lintas dalam jaringan), Repeater (penguat sinyal), Bridge (penghubung antar jaringan) dan Gateway.

komputer yang terkoneksi ke internet merupakan bagian jaringan. Komputer terhubung  ke internet dengan menggunakan modem yang terkoneksi ke sebuah Internet Service Provider (ISP). kemudian ISP akan terkoneksi kedalam sebuah jaringan yang lebih besar, dan demikian seterusnya. jadi, Internet merupakan jaringan yang berisi jaringan.
Jika pengguna yang inginterkoneksi ke Internet mengguakan ISP maka ISP harus menyediakan tempat atau terminal yang di gunakan untuk mengakses jaringan yang di sebut Point Of Presence.

Nah, itu dia beberapa istilah yang sering dipakai dalam dunia komputer dan internet. Sebenarnya masih banyak sekali istilah-istilah yang sering dipakai dalam dunia komputer dan internet, tapi karena keterbatasan waktu dan ilmu, penulis baru bisa menyebutkan beberapa saja. Tapi mudah-mudahan sedikit pengetahuan dari saya ini dapat bermanfaat bagi kita semua, jika sempat insyaallah penulis akan menambah lagi daftar istilah dalam dunia komputer dan internet ini. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.



Copy artikel ini, untuk mendapat backlink ke blog ini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar